Sunday, November 3, 2013

Airbus A350 First Flight



     

Toulouse, Prancis – Pesawat Airbus generasi terbaru A350 melakukan uji terbang perdana Jumat (14/6) yang merupakan tonggak baru bagi proyek perusahaan konsorsium Eropa itu untuk mengembangkan sebuah pesawat besar jarak jauh yang bisa mengalahkan Boeing di segmen ini.
Pesawat tersebut mengudara pukul 08.00 GMT atau pukul 15.00 WIB di sebuah bandara di kota Toulouse untuk penerbangan selama empat jam.

Sama seperti pesaing utamanya -- Boeing 787 Dreamliner yang telah beroperasi sejak September 2011 -- A350 banyak memakai bahan komposit ringan yang bisa banyak mengurangi konsumsi bahan bakar dan biaya operasional.



Penerbangan perdana ini diiringi helikopter dan sebuah pesawat jet lain, tiga hari sebelum dimulainya pameran dirgantara paling prestisius sejagad: Paris Air Show, di mana Airbus memprediksi akan mendapat ratusan pesanan untuk bisa meningkatkan tekanan pada Boeing.

"Saya dikenal kadang-kadang agak berdarah dingin. Namun hari ini bisa saya katakan, bahwa ini sangat mengharukan," kata pimpinan Airbus, Fabrice Bregier.

"Ini kesayangan kami dan saya sangat gembira melihat kesayangan kami ini yang nampak begitu indah. Terima kasih pada anda semua, aku mencintai kalian," katanya di depan para karyawan, sebelum kemudian mengalihkan pandangan ke reporter dan bercanda: “Bukan kalian!”

Dua pilot uji pesawat itu berasal dari Inggris dan Prancis ditemani seorang teknisi di kokpit dan tiga di belakang, semua mengenakan baju penerjun warna oranye.

No comments:

Post a Comment